Seminar Nasional "Energi Alternatif Indonesia" Kerjasama Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal dengan Asosiasi Pemasok Energi Dan Batu Bara Indonesia (ASPEBINDO)

By - Humas - 06 April 2022 Kembali ke Berita
Berita

Jakarta (06/04) Seminar Nasional dengan tema "Energi Alternatif Indonesia" merupakan implementasi dari kerjasama antara Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA) Jakarta dengan Asosiasi Pemasok Energi Dan Batu Bara Indonesia (ASPEBINDO) yang digelar secara Hybrid di ISTA dengan mengundang LLDIKTI, beberapa kampus, mahasiswa serta kalangan yang hadir secara umum dengan antusias 200 peserta yang ikut dalam seminar nasional.

Sebelum memasuki sesi seminar, telah dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara ISTA dengan ASPEBINDO dalam program Tri Dharma perguruan tinggi serta memajukan SDM bagi kedua belah pihak. dalam proses penandatangan dilakukan oleh kedua pimpinan yakni ISTA oleh Rektor Dr. Dede Rukmayadi, S.T., M.Si serta ASPEBINDO oleh Ketua Umum Dr. Anggawira, M.M.

Dr. Anggawira sangat menyambut baik niatan ISTA untuk penjajakan kerjasama dengan ASPEBINDO dalam hal memajukan SDM dan kerjasama lain yang bisa dituangkan dalam PKS selanjutnya. Tidak hanya ASPEBINDO, Kepala LLDIKTI Wilayah III Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P sangat mengapresiasi langkah ISTA untuk kerjasama dengan ASPEBINDO, Kepala LLDIKTI WIlayah III berpendapat bahwa ISTA menjadi pioneer kerjasama dengan ASPEBINDO dimana kampus-kampus lain diwilayah LLDIKTI 3 belum ada yang kerjasama dengan ASPEBINDO.

Seminar Nasional dengan tema "Energi Alternatif Indonesia" dimoderatori oleh Roy Wangintan, M.T selaku Alumni ISTA dan Ketua Umum KALISTA. dalam sesi seminar ini Dr. Anggawira memberikan materi mengenai energi yang berasal dari batu bara, pendistribusian serta regulasi mengenai pertambangan yang berlaku di Indonesia dan pentingnya peningkatan SDM yang berasal dari kalangan sivitas. Sesi seminar selanjutnya berasal dari program studi yang ada di ISTA yakni dari teknik kimia, teknik industri dan teknik mesin.

Teknik kimia ISTA menyampaikan suatu materi mengenai "Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Sebagai Energi Terbarukan" yang dibawakan oleh Kaprodi Dr. Diah Kusmardini, M.Si. Untuk teknik industri sendiri mengambil tema materi "Pengembangan Dimethyl ether (DME) sebagai Bahan Bakar Ramah Lingkungan" yang dibawakan oleh Dr. Sugeng Riyono, M.Phil dengan moderator Dr. Pandit Hernowo, M.Si serta dari teknik mesin "Rancang bangun prototipe energi terbarukan pembangkit listrik arus laut" yang disampaikan oleh Dr. (c) Irwan Mustajab dengan dimoderatori oleh Rahmat Wijaya, M.T

Selanjutnya diakhir acara pemberikan sertifikat bagi para pembicara yang dilaksanakan secara online agar disaksikan oleh para peserta yang hadir di zoom.

-Humas Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal-