ISTA Jajaki Kerjasama Dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi

By - Humas - 17 May 2022 Kembali ke Berita
Berita

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menerima audiensi dari Institut Sains Dan Teknologi Al-Kamal jakarta selasa 17 Mei 2022 di pendopo sukabumi membahas program Matching Fund serta kerjasama dengan Pemda kabupaten sukabumi.

Kami dari Institut Sains dan Teknologi AL-Kamal jakarta menjajaki peluang kerjasama dengan Pemkab sukabumi dan kami ingin dari hasil kerjasama ini ada implementasi Tri Dharma Perguruan tinggi yang meliputi pendidikan pengajaran,penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ujar Dr. Dede Rukmayadi S.T M.Si.

Kita juga sudah melakukan kegiatan di daerah lain dalam lingkup kabupaten sukabumi salah satunya di cidahu dengan penyusunan hibah kedaireka bekerjasama dengan PT Aqua Golden Misisipi mekarsari sukabumi,sudah ada dua proposal hibah yang di ajukan yaitu pipanisasi air bersih dan pengelolaan sampah berbasis komunitas serta kedua proposal ini sudah lolos di tahap satu,lanjutnya.

Kita sudah merancang dan berinovasi alat pengelolaan sampah yang sudah di uji coba di daerah Ciledug tanggerang,dan untuk MOU dengan Pemkab Sukabumi akan di laksanakan sekitar bulan juni dan setelah MOU kita akan berperan aktif di Geopark Ciletuh

Seperti apa yang disampaikan Rektor ISTA Dr. Dede Rukmayadi, ST, M.Si kepada awak media “Sebagai mitra, kami inginnya nanti dari hasil kerjasama ini ada implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan pengajaran, perguruan, dan pengabdian kepada masyarakat” ujarnya. Lanjutnya ISTA juga sudah mengadakan kegiatan-kegiatan di wilayah Pemkab Sukabumi, salah satunya di wilayah Cidahu.

Sudah ada dua proposal hibah yang diajukan. Pertama adalah tentang pipanisasi air, kemudian yang Kedua pengelolahan sampah yang berbasis komunitas. Kedua proposal ini sampai saat ini sudah lolos di tahap satu.

”Dari aspek kajian, institusi sendiri sudah melakukan kajian pengelolahan sampai, ada mesin pirolisis yang sudah di ujicobakan di daerah Ciledug Tangerang Selatan”. pungkasnya.

Sumber : mabesharindo.com dan beritametrolima.com

-Humas Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal-