Desain Komunikasi Visual

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual

Gelar Lulusan : S.Sn. (Sarjana Desain Komunikasi Visual)

Prospektus S1 Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual adalah ilmu desain yang berkonsentrasi pada pengolahan bahasa visual sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan, informasi dan pencitraan, dengan tujuan sosial ataupun komersial melalui media grafik, elektronik, interaktif, maupun multimedia.

Dalam era globalisasi sangat dibutuhkan kemampuan kompetisi global yang berakar pada kreativitas, inovasi, networking dan teknologi. Hal ini sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang desain, terutama bidang Desain Komunikasi Visual dan Desain Produk Industri.

Saat ini dunia kerja sangat kekurangan tenaga ahli di kedua bidang tersebut, sehingga lulusan kedua bidang tersebut umumnya langsung terserap di dunia kerja.

Kompetensi Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual

Lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual Institut Sains dan Teknologi Al Kamal dibekali dengan pengetahuan, etika, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan seperti berikut ini.

  • Memiliki kemampuan dan ketrampilan desain di media grafis, media interaktif, media audio visual dan media komunikasi visual.
  • Memiliki keunggulan wawasan dan keterampilan (skill) dalam kajian desain komunikasi visual yang berorientasi pada interaksi antara manusia dengan objek dalam konteks urban serta kaitannya dengan aspek teknologi, lingkungan, sosial, dan budaya yang melingkupinya.
  • Memiliki karakter dan kompetensi sebagai praktisi bidang industri kreatif yang berdampak positif sebagai agen perubahan sosial, budaya, dan lingkungan dalam masyarakat.
  • Memiliki kemampuan untuk mengolah, mengembangkan, dan mengkomunikasikan konsep kreatif yang akan digunakan dalam pengembangan karya desain komunikasi visual.
  • Memiliki kemampuan menyiapkan karya desain akhir (final artwork) untuk diproduksi.
  • Memiliki kemampuan melakukan prosedur formal yang berhubungan dengan sistem untuk mendokumentasikan proyek desain komunikasi visual pada industri kreatif.
  • Memiliki keunggulan dalam menghasilkan pengetahuan berbasis penelitian dan pengembangan (research and development) dalam bidang desain komunikasi visual, baik berupa karya ilmiah, rancangan karya, maupun program terapan yang memiliki kemanfaatan luas.
  • Memiliki kemampuan bekerja dalam konteks sebuah organisasi desain.
  • Memiliki kemampuan melindungi proses kerja dan hasil kerja desain dari penggunaan yang tidak berhak.
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat media audio visual
  • Memiliki kemampuan mempersiapkan media audio visual untuk platform (video, TV dan lain sebagainya) yang berbeda pada industri desain kreatif.
  • Memiliki kemampuan membuat pencitraan yang berkualitas untuk materi audio visual.
  • Memiliki kemampuan menggabungkan audio dan video ke dalam sajian multimedia dalam produksi pada industri desain komunikasi visual.
  • Memiliki kemampuan untuk mengedepankan obyektivitas dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan (kepemimpinan basis ilmiah), memahami pentingnya waktu (disiplin), dan pentingnya peranan orang lain (kerjasama).
  • Memiliki kemampuan menjadi wirausahawan mandiri pencipta lapangan kerja maupun sebagai pekerja bidang industri kreatif yang mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia.


Kompetensi umum/dasar Sarjana Desain Komunikasi Visual Institut Sains dan Teknologi Al Kamal adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang desain komunikasi visual; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang desain komunikasi visual, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang desain komunikasi visual, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Profesi dan Karir Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual

Sarjana Desain Komunikasi Visual Institut Sains dan Teknologi Al Kamal dapat bekerja dan berkarir di Advertising Agency, Graphic House/Studio, Television atau Broadcasting, Photography and Video Production, Publisher, Brand Consultancy, Web Design atau Multimedia Design, Production House, Institusi Pendidikan, Animator, 3D Artist, VFX Artist, Game Design, dan di berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah dan swasta (nasional dan multinasional / luar negeri) :

  • Sebagai Desainer bidang Desain Film dan TV, Desain Printing, Desain Pameran, Desain Multimedia dan Desain Ilustrasi yang handal dan matang dalam konsep serta desain yang up to date.
  • Sebagai Art Director, yang membuat keputusan elemen visual, gaya artistik dan gerak yang digunakan.
  • Sebagai Creative Director, yang bertanggung jawab terhadap desain, visi dan arah pengembangan produk.
  • Sebagai Graphic Designer, yaitu tenaga ahli profesional dalam industri desain grafis dan seni grafis, yang menggabungkan bersama semua gambar, tipografi dan grafis gerak dalam rangka menciptakan sebuah desain.
  • Sebagai Multimedia Designer, yang membuat kombinasi berbagai bentuk konten teks, audio, gambar diam, animasi, video dan interaktivitasnya.
  • Sebagai Commercial Artist, yang mengelola informasi dan pengetahuan terhadap seni murni, visualisasi dan media.
  • Sebagai Akademisi (Dosen, Pembimbing/Pelatih) di Institusi Pendidikan (Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, sekolah, balai pelatihan, dsb).
  • Sebagai Peneliti di berbagai lembaga penelitian mandiri maupun lembaga penelitian dalam perusahaan/industri.
  • Dsb.


Sarjana Desain Komunikasi Visual Institut Sains dan Teknologi Al Kamal juga dapat menjadi entreprenuer atau wirausahawan mandiri pencipta lapangan kerja yang mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia, misalkan dengan mendirikan Visual Communication Design Consultant, Designer Film dan TV, Printing, Exhibition, Multimedia, Illustrator, dsb.

Partner

Alamat

INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL
Jl. Raya Al Kamal No.2 Kedoya Selatan, Kebon Jeruk
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Telp: (021) 5811088, 58350692
Fax: (021) 58300105
Website: http://www.ista.ac.id
Email: info@ista.ac.id

Jumlah Pengunjung

0.png1.png4.png8.png7.png7.png4.png
Hari ini49
Hari Kemaren234
Minggu Ini971
Bulan Ini4542
Total148774