FB       IG       WA

Tingkatkan Pengetahuan Bidang Ke Teknikan, Civitas Akademika ISTA hearing dengan Ilham Habibie

Civitas Akademika Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA) Jakarta mengadakan hearing teleconference melalui zoom meeting dengan Dr.-Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A.

Anak dari mantan Presiden B.J Habibie yang akrab dikenal Ilham Habibie yang juga Ketua Dewan Pembina The Habibie Center, sebuah organisasi independen untuk memajukan usaha modernisasi dan demokratisasi di Indonesia berbagi sharing terkait berbagai informasi dengan Para civitas akademika ISTA yang terdiri dari Ketua Pembina Yayasan Pondok Pesantren Al-Kamal (YPP AKJ), Rektor, Wakil Rektor serta para pakar pendidikan yang berkompeten di bidangnya membahas tentang kerisauan yang terjadi akibat penurunan minat dari generasi muda belajar ilmu ke-Teknikan.

Ilham Habibie memang sangat terkenal dalam bidang teknik, pendidikan serta pengalaman yang luar biasa dalam industri penerbangan.

Melalui teleconference, ISTA meminta pandangan dari Ilham Habibie mengenai turun nya minat generasi muda belajar ilmu ke-Teknikan.

Dalam kesempatan tersebut, Ilham Habibie mengatakan, penurunan minat ini adalah fenomena yang juga terjadi di negara lain termasuk Jerman. Memang di Indonesia presentase nya lebih besar dalam hal penurunan minat.

Oleh karena itu, Kata Ilham Habibie, di perlukan baik Perguruan Tinggi jurusan ke-Teknikan untuk berinovasi dalam membuat semacam hybrid curriculum dengan tetap sesuai dengan koridor yang di terapkan oleh LLDIKTI.

“misalnya memasukan teknologi komputer dalam teknologi pertanian atau bidang ilmu teknik lain nya,” Imbuhnya.

Sementara itu, Menurut Ketua Pembina Yayasan Pondok Pesantren Al-Kamal Jakarta (YPP AKJ) KGPH Soeryo Soedibyo Mangkoehadiningrat mengatakan, bahwa almarhum BJ. Habibie mempunyai banyak jasa di awal berdirinya Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA).

“Beliau (Alm. BJ Habibie Red) Banyak berjasa, untuk itu saya ucapkan banyak terimakasih,” Jelas Soeryo.

Dalam menyikapi Ilmu Ke-Teknikan, lanjut Soeryo, dirinya berharap sosok Ilham Habibie bisa menjadi inspiratif bagi generasi muda Indonesian dan juga kami ISTA Jakarta.

“Dengan Dominan Jurasan Teknik, Kami bertekad menjadikan Kampus ISTA Jakarta menjadi kampus terdepan yang selalu menyikapi dinamika demi terciptanya lulusan yang terbaik untuk bangsa kedepan,” beber Soeryo.

Senada dengan KGPH Soeryo, Rektor ISTA Dr. Dede Rukmayadi, S.T., M.Si menambahkan, bahwa atas bantuan dan jasa Alm BJ. Habibie lah banyak Dosen diambil dari tenaga ahli seperti dari ITB dan BPPT.

Untuk itu, tambah Dede, kami ISTA berrharap dapat bekerja sama dengan lembaga beliau seperti Habibie Center, International University Liaison Indonesia (IULI) dengan bentuk kerjasama dalam berbagai hal di bidang akademik.

“Kerja sama demi kerja sama akan kami lakukan demi terwujudnya simbiosis mutualisme dalam mencetak generasi SDM yang handal, yang siap memberikan warna dalam menyongsong masa depan Bangsa dan Negara,” pungkas Dede.

Masih kata Dede, dalam menyikapi dinamika Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal sebagai salah satu perguruan tinggi yang telah mencetak ribuan sarjana lulusan dalam bidang teknik ini mengambil langkah strategis untuk berdiskusi dengan Ilham Habibie untuk meningkatkan ilmu pengetahuan bagi para dosen dan mahasiswa.

Alamat

INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL
Jl. Raya Al Kamal No.2 Kedoya Selatan, Kebon Jeruk
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Telp: (021) 5811088, 58350692
Fax: (021) 58300105
Website: http://www.ista.ac.id
Email: info@ista.ac.id

Jumlah Pengunjung

0.png6.png6.png8.png7.png7.png9.png
Hari ini1293
Hari Kemaren1327
Minggu Ini8291
Bulan Ini22715
Total668779