Kunjungan Lurah Kedoya ke Kampus ISTA

Rabu, 31 Januari 2018, Institut Sains dan Teknologi Al Kamal mendapat kunjungan dari  Lurah Kelurahan Kedoya Selatan, Bapak Achmad Mawardi, SH. Kunjungan ini adalah kali pertama semenjak kurang lebih 1,5 tahun, beliau memangku jabatan sebagai lurah di Kelurahan Kedoya Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pertemuan diprakarsai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) ISTA, dibawah pimpinan Babay Jutica Cahyana, ST, MT yang sekaligus memandu jalannya acara ini. Dalam pertemuan silaturahmi tersebut disambut langsung oleh Rektor, Dekan, Kaprodi dan beberapa dosen dari Program Studi : Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Industri, Sistem Informasi dan Desain Komunikasi Visual.

Dalam sambutannya Rektor ISTA Dr Dede Rukmayadi, ST, MSi, menyambut baik inisiatif LPPM untuk melibatkan pemerintah di wilayah setempat untuk dapat bersinergi mendukung kegiatan akademik di lingkungan kampus. ISTA memiliki 8 (delapan) Program studi yang secara keilmuan, semuanya dapat diaplikasikan dalam kegiatan di masyarakat.

Sementara itu Lurah Kedoya Bapak Achmad Mawardi, SH menyampaikan bahwa ada banyak program di lingkungan kelurahan yang dapat dikerjakan dan dikolaborasikan dengan lembaga pendidikan tinggi sebagai pendamping. Misalnya dalam pembangunan infrastruktur dan sarana fisik serta pemberdayaan masyarakat. Wilayah di Jakarta Barat mempunyai potensi yang besar di bidang pelestarian budaya Betawi, industri kecil dan kerajinan. Untuk itu sangat tepat apabila pada kunjungan ini, bapak Lurah di dampingi oleh bapak Jaka Hadinata, selaku Kasie Kesejahteraan Rakyat yang lebih banyak mengetahui kondisi di lapangan.

Sayangnya pertemuan hanya berlangsung singkat, karena bapak Lurah ada urusan yang mendadak dan tidak dapat diwakilkan. Namun sebagai gambaran awal, telah disampaikan, salah satunya dari program studi Desain Komunikasi Visual ISTA. Di Prodi DKV dalam beberapa kegiatan akademisnya telah memberikan  penugasan mahasiswa dalam bentuk proyek, yang mengambil tema kekayaan Budaya Betawi. Sebagai contoh perancangan kemasan makanan khas Betawi seperti : Bir Pletok, kue gambang, kembang goyang dll. Selain itu studi perancangan  logo kegiatan budaya Betawi seperti Festival Layang-layang Betawi dan Festival Pencak Silat Betawi.

Dengan adanya pertemuan tersebut diharapkan kegiatan akademis akan lebih terarah, dan pihak pemerintah daerah setempat dapat menyalurkan sesuai dengan kebutuhan dalam lingkungan masyarakat. Terutama untuk pemberdayaan masyarakat. Sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dari kegiatan yang dilakukan civitas akademika ISTA.

Alamat

INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL
Jl. Raya Al Kamal No.2 Kedoya Selatan, Kebon Jeruk
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Telp: (021) 5811088, 58350692
Fax: (021) 58300105
Website: http://www.ista.ac.id
Email: info@ista.ac.id

Jumlah Pengunjung

0.png2.png8.png6.png6.png5.png6.png
Hari ini194
Hari Kemaren326
Minggu Ini2081
Bulan Ini8423
Total286656