Workshop Program Kreativitas Mahasiswa ISTA

“ISTA Siap…., ISTA Terbaik…..! Itulah yel yel yang digemakan oleh lebih dari 60 mahasiswa dan dosen ISTA pada  hari Selasa, 10 Oktober 2017. Hari itu disebut sebagai hari Kebangkitan Program Kreativitas Mahasiswa ISTA, dimana  sejumlah mahasiswa ISTA dari 8 program studi, yang mempunyai minat bidang pengembangan program kreativitas mahasiswa, dengan didampingi dosen pembimbing, berkumpul dalam acara Workshop Program Kreativitas Mahasiswa 2017. Acara yang diprakarsai Biro Akademik dan Kemahasaswaan itu,  menghadirkan nara sumber : bapak Drs. Imam Yuwono MM (Kepala Seksi Akademik dan Kemahasiswaan, Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III) dan Bapak Dr. Mudjiarto M.Si (Tim Pendamping Program Kreativitas Mahasiswa/PKM dan Program Mahasiswa Wirausaha/PMW, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tingi).

Dalam kata sambutannya Rektor ISTA Dr. Dede Rukmayadi S.T., MSi, mengatakan ISTA adalah lembaga pendidikan tinggi yang sesuai isinya berbasis pada sains dan teknologi serta bercirikan kewirausahaan. Peluang dan kesempatan yang terbuka bagi seluruh civitas akademika untuk menerapkan dan mengembangkan keilmuannya di masyarakat, sangat besar. Mahasiswa sebagai pemilik masa depan, diharapkan mulai dapat mengaplikasikan keilmuannya dalam kehidupan masyarakat sejak dini. Hal ini sejalan dengan program Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, yang memberikan dukungan dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk terus memacu lahirnya inovasi baru di bidang ilmu dan pengetahuan. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan bantuan dana hibah bagi kegiatan mahasiswa yang berbasis pada kreatifitas.

Dalam paparan awalnya, Drs. Imam Yuwono MM menyampaikan pentingnya mengembangkan kreativitas pada mahasiswa sejak dini karena akan memudahkan dalam mencapai prestasi di masa depan. “Para pemenang persaingan bukanlah orang yang besar, tetapi adalah orang yang cepat”. Lebih lanjut beliau mengatakan “Ibarat pengungkit, jika sejak dari awal sudah mulai di gerakkan, maka kedepannya, ia akan lebih cepat mencapai tingkatan yang lebih tinggi”. Untuk itu beliau menyarankan agar sejak awal membangun iklim tumbuhnya kreativitas di kalangan mahasiswa dengan kegiatan pameran atau pekan kreativitas yang kompetitif di lingkungan kampus.

Sementara itu Bapak Dr. Mujiarto M.Si, mengatakan, meningkatnya minat mahasiswa di bidang PKM ini yang dari tahun ke tahun terus meningkat, menuntut kita untuk lebih jeli dalam membaca peluang dan prediksi di masa yang akan datang.” Buatlah program yang inovatif, yang ada kebaruan terhadap perkembangan saat ini, semacam ‘state of the art’ lah”, Selain itu yang tidak kalah penting adalah bahwa proposal yang disampaikan harus sesuai dengam panduan yang telah ditetapkan. “Ide atau kreativitas terbuka sangat lebar, tetapi untuk tata penulisan juga harus sesuai panduan yang diberikan”. 

 Pada kesempatan itu 3 (tiga) tim mahasiswa dari Prodi Teknik Kimia, Teknik Mesin dan Desain Komunikasi Visual diberi kesempatan untuk mempresentasikan gagasan inovasinya, dan mendapat apresiasi yang baik dari pembicara baik Kopertis Wilayah III maupun Kemendikti. Di akhir acara seluruh dosen pembimbing melakukan koordinasi dan diskusi untuk lebih menajamkan permasalahan dengan dipandu oleh Drs Imam Yuwono, MM. Diharapkan dalam waktu dekat diadakan kegiatan semacam ini yang merupakan kegiatan lanjutan agar apa yang diharapkan bersama dapat terwujud….ISTA siap…ISTA terbaik…. (AMN 10/10/17)

Alamat

INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL
Jl. Raya Al Kamal No.2 Kedoya Selatan, Kebon Jeruk
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Telp: (021) 5811088, 58350692
Fax: (021) 58300105
Website: http://www.ista.ac.id
Email: info@ista.ac.id

Jumlah Pengunjung

0.png1.png5.png8.png6.png3.png6.png
Hari ini208
Hari Kemaren280
Minggu Ini740
Bulan Ini6431
Total158636