FB       IG       WA

Gelar 2 Event Webinar, Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal Jakarta Dapat Banyak Apresiasi

Jakarta (27/02) Implementasi secara sederhana adalah pelaksanaan/ penerapan. Implementasi juga dapat diartikan sebagai suatu proses penerapan, ide konsep, kebijakan atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberi dampak, baik berupa pengetahuan, keterampilan, maupun nilai dan sikap.

Seperti kita ketahui saat ini seluruh dunia sedang menghadapi masalah yang besar yaitu meluasnya virus corona (COVID-19). Wabah (COVID-19), mengakibatkan terhambatnya banyak sektor kehidupan, yaitu sektor ekonomi, sektor sosial, sektor agama, bahkan pun sektor pendidikan. Semenjak pandemi COVID-19 meluas, pendidikan di Indonesia sistem pembelajarannya berubah. Perubahan sistem pendidikan yang dilakukan Pemerintah dengan melakukan kebijakan penerapan merdeka belajar.

Merdeka belajar merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem. Instutut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA) Jakarta bekerjasama dengan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) menggelar Webinar "Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka" dengan pembicara yakni Assoc. Prof. Dr. Suyanto, S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA. Praktisi di bidang pendidikan dan konsultan management.

Materi yang dibawakan oleh pembicara yakni mengenai tentang penerapan baru dalam pembelajaran. Merdeka Belajar diharapkan mampu menghasilkan pengetahuan yang melampaui (tanpa batas) mengenai informasi. Peran guru dan dosen pada konsep ini sebagai mentoring serta diharapkan memiliki kemampuan memecahkan masalah. Sedangkan pada penilaian bukan lagi menitik beratkan pada nilai, tapi proses berjuang.

Assoc. Prof. Suyanto menambahkan "Merdeka Belajar menuntut agar setiap Universitas dan Sekolah dapat mengefektifkan pengelolaan sumber daya yang dimiliki dengan dukungan penuh sistem terintegrasi berbasis digital yang diopeasikan oleh tenaga professional. Pimpinan sekolah dapat mengefektifkan kegiatan Guru dalam PMB dari pra-persiapan sampai assesmen hasil evaluasi sekaligus melakukan penilaian dan pengawasan."

Disamping itu pula dalam hari yang sama Webinar Kick Off Kewirausahaan juga digelar. Bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia serta MGBK menghadiri pembicara dari Kemenpora Ibu Alia Agung Laksono dan Muhammad Zuhriyanto, S.E., M.M praktisi dan dosen kewirausahaan ISTA. Kuliah umum mengenai kewirausahaan ini ditujukan untuk para murid baik kalangan pelajar dan mahasiswa, memberi kiat-kiat untuk generasi muda agar semangat menjadi entepreneurship muda serta agar tidak salah melangkah dalam memulai usaha.

"Tujuan kami dalam memberi kuliah umum kewirausahaan ini untuk mengajarkan kepada generasi muda untuk tidak hanya menjadi konsumen, akan tetapi kita beri mereka arahan agar menjadi produsen. menciptakan potensi dan membangun semangat kewirausahaan bagi generasi milenial agar mereka siap menjadi entepreneurship muda sesuai perkembangan teknologi yang bisa mereka gunakan." Tegas Muhammad Z.

Acara Webinar yang digelar oleh Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal Jakarta mendapat banyak apresiasi baik dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Musyawarah Guru Bimbingan Konseling, dan juga dari pembicara.

-Tim Humas Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal Jakarta

Alamat

INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL
Jl. Raya Al Kamal No.2 Kedoya Selatan, Kebon Jeruk
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Telp: (021) 5811088, 58350692
Fax: (021) 58300105
Website: http://www.ista.ac.id
Email: info@ista.ac.id

Jumlah Pengunjung

0.png8.png4.png8.png8.png2.png6.png
Hari ini113
Hari Kemaren587
Minggu Ini113
Bulan Ini7164
Total848826