Akreditasi Sebagai Parameter dari Perilaku Akademik Suatu Kampus, Apakah Masih Relevan dengan Era Industri 4.0?

Akreditasi bagi sebuah Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi sebuah ruh tersendiri agar institusinya “dilirik” oleh para calon mahasiswa. Bukan hanya menjadi lirikan para calon mahasiswa, Akreritasi pun menjadi tolak ukur bagi institusi itu sendiri agar terus meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.

Beragam prasyarat agar sebuah perguruan tinggi bisa naik tingkat akreditasinya pun harus dipenuhi Perguruan Tinggi, tentunya perguruan tinggi yang bersangkutan haruslah memiliki kemampuan menembus prasyarat yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Seperti halnya Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Sains dan Teknologi Alkamal (ISTA) Jakarta yang berlokasi di Jalan Kedoya Raya No. 2 Kebon Jeruk Jakarta Barat yang meraih Akreditasi B dari BAN-PT.

Perolehan akreditasi B Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Sains dan Teknologi Alkamal (ISTA) Jakarta tersebut melalui Surat Keputusan Nomor : 3063/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2018.

Dengan melalui beberapa proses tahapan persyaratan yang dilaksanakan di Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal pada tanggal 1-3 November 2018 oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, maka status akreditasi program studi Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Sains dan Teknologi Alkamal (ISTA) Jakarta resmi meraih predikat B.

Meskipun akreditasi bukanlah satu-satunya ukuran untuk melihat kualitas sebuah kampus, tapi dengan perolehan akreditasi tersebut menjadi modal bagi ISTA Jakarta untuk tetap menjadi perguruan tinggi swasta yang terdepan dalam meningkatkan SDM-SDM berkualitas yang siap bersaing di Era Revolusi Industri 4.0 sesuai dengan visi yang dicanangkan.

Untuk informasi, Akreditasi BAN-PT bertujuan untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan. Ada tiga kategori akreditasi yakni A untuk perguruan tinggi yang memiliki peringkat kelayakan tertinggi. Disusul dengan kategori B dan C.

Hasil peringkat akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PT ini penting diketahui saat akan memilih perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. Jurusan atau satuan pendidikan yang terakreditasi merupakan salah satu syarat mengeluarkan sertifikat atau ijazah. Ini berdasarkan mandat dari UU Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wewenang BAN-PT sebagai lembaga independen yang mengeluarkan akreditasi mulai diemban sejak 1994. Ini berlandaskan UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan diperkuat dengan PP No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

BAN-PT merupakan satu-satunya badan akreditasi yang diakui pemerintah. Adapun wewenang BAN-PT adalah melaksanakan sistem akreditasi pada semua institusi pendidikan tinggi meliputi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Agama (PTA) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), program pendidikan jarak jauh, serta program-program kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi di dalam negeri yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi dari luar.

Alamat

INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL
Jl. Raya Al Kamal No.2 Kedoya Selatan, Kebon Jeruk
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Telp: (021) 5811088, 58350692
Fax: (021) 58300105
Website: http://www.ista.ac.id
Email: info@ista.ac.id

Jumlah Pengunjung

0.png3.png1.png1.png0.png7.png5.png
Hari ini330
Hari Kemaren661
Minggu Ini2678
Bulan Ini6942
Total311075