Studi Banding ISTA Jakarta, ke Amikom dan ISI Yogyakarta

Pada tanggal 24-27 April 2018, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Visual (FTIKV) Institut Sains dan Teknologi Al Kamal Jakarta, melakukan studi banding ke Universitas Amikom dan Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Kegiatan ini didalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan menjajaki berbagai kemungkinan untuk melakukan kerjasama bidang Tridarma dengan Perguruan Tinggi. Pemilihan Yogyakarta karena sebagai kota pelajar memiliki daya saing yang tinggi di bidang pendidikan. Rombongan dari ISTA di pimpin oleh Dekan FTIKV Alim Herdiansyah, ST, M. Kom, IPM dan Kaprodi yang didampingi 1 orang dosen. Ravie Kurnia Laday, S. Kom M.Kom dan M Suhaeli, SE. M.Kom dari Prodi Sistem Informasi, Purwanto S.Kom M.Kom dan D. Hedin PB, S.Kom M.Si dari Prodi Sistem Informasi serta R Widyo Wibisono M.Sn dan Abidin Noor M.Ds dari Prodi Desain Komunikasi Visual

Di Amikom, rombongan disambut langsung oleh Rektor Amikom, Prof. Dr. M. Suyanto, M.M, dan kemudian diterima oleh Bapak Erik Hadi Saputra S.Kom. M.Eng sebagai Direktur Direktorat Humas dan Urusan International. Diawali dengan pengenalan singkat tentang sejarah dan Visi Misi Amikom, Struktur Organisasi dan kebijakan internal dan kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi sarana perkuliahan, ruang perkuliahan dan laboratorium komputer serta ke Studio MSV Picture (Mataram Surya Visi).

MSV merupakan studio produksi Film Animasi milik Amikom yang berkualitas. Salah satunya telah menghasilkan film ‘Betlle of Surabaya’ yang berhasil memperoleh beberapa kategori penghargaan tingkat International. Rombongan juga berkesempatan nonton pemutaran trailer film ‘Ajisaka’, film animasi terbaru garapan MSV Picture yang sebentar lagi akan melakukan Gala Premier dan penayangan di sejumlah bioskop terkemuka di Indonesia. Pemutaran film dilakukan di gedung cinema milik Universitas Amikom yang kualitas gambar dan suaranya setara dengan bioskop komersial. Kunjungan di akhiri pemberian cinderamata dari masing-masing dan ramah tamah dalam suasana yang akrab dan terbuka.

Sementara itu di Institut Seni Indonesia, rombongan diterima oleh Kaprodi DKV, Bapak Indiria Maharsi S.Sn M.Sn. didampingi oleh Sekretaris Jurusan dan Bapak Gogor Bangsa S.Sn, M.Sn sebagai Humas bidang Hubungan Luar Negeri.

Suasana lingkungan kampus yang asri begitu terasa manakala memasuki gerbang kampus ISI yang berlokasi di Jalan Parangtritis. Banyaknya pepohonan yang rindang serta beberapa karya senirupa yang sengaja di tempatkan di beberapa sudut halaman, seakan membawa kita larut dalam atmoshere berkesenian. DKV ISI lahir dari induk pendidikan seni rupa yang tertua di Indonesia, dan prakarsai oleh para seniman pada masa itu. Kondisi lingkungan kampus seni yang menyatu dalam satu area, dan kota Yogyakarta sebagai kota budaya yang dinamis dalam berkesenian, memberikan pengaruh dalam pembentukan karakter pendidikan mahasiswa DKV di ISI Yogyakarta. “Kami lebih menekankan pada kemampuan dasar manual pada mahasiswa, seperti nirmana, gambar bentuk, dan Ilustrasi yang menjadi pondasi dari penciptaan sebuah karya visual.

Kemudian baru di dukung dengan kemampuan alat dan teknologi untuk membantu menyempurnakan karya” lanjut Gogor Bangsa. Pertemuan dan diskusi membahas seputar upaya peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi, khususnya yang berkaitan dengan Desain Komunikasi Visual, pada kesempatan itu juga di jajaki beberapa kemungkinan kerjasama yang mendukung peningkatan kualitas Tridarma dikedua belah pihak. Diskusi dilakukan secara santai dan terbuka di Galleri yang memasang ratusan karya terbaik mahasiswa mulai dari semester satu hingga karya Tugas Akhir mahasiswa. Kunjungan di akhiri dengan mengunjungi beberapa ruang dan fasilitas perkuliahan.

Selain Universitas Amikom dan ISI Yogyakarta,kami berkesempatan berkunjugan ke Universitas Islam Negeri , Yogyakarta. Kunjungan kami diterima oleh Dekan Fakultas Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Bapak Dr. Murtono, M.Si. Adanya kesamaan platform mendorong kami untuk mencoba membuka komunikasi untuk kemajuan pendidikan. Pertemuan ini dimediasi oleh Bapak Suhaeli yang juga merupakan salah satu alumni UIN Yogyakarta.Dalam pertemuan awal yang singkat, masih sebatas pada perkenalan perguruan tinggi dan antar pejabat perguruan tinggi, serta membahas berbagai kemungkinan melakukan kerjasama bidang akademik. Diakhir pertemuan disepakati untuk melakukan pertemuan tingkat lanjut secara lebih mendalam, baik di tingkat fakultas dan Institusi perguruan Tinggi.

Diluar kegiatan akademis yang sudah di rencanakan, kami juga menyempatkan mengunjungi Masjid Jogokaryan, Saat ini Masjid Jogokaryan banyak dikunjungi pengurus masjid dan jamaah dari berbagai daerah di Indonesia karena ingin mempelajari manajemen masjid yang baik. Masjid ini terkenal dengan saldo Rp 0,- (nol rupiah) karena semua infaq masjid selalu berusaha dikembalikan untuk kemakmuran masjid dan bagi para jamaah. Ini merupakan komitmen ta’mir masjid dalam mengelola keuangan masjid secara terbuka agar tidak terlalau lama menunda amal infaq yang diamanahkan.

Seperti yang kami saksikan pada saat sholat subuh, seluruh shaf masjid dipenuhi jamaah baik putra maupun putri. Bahkan sebagian jamaah sudah datang sejak dini hari. Kami mendatangi salah satu ruang yang dijadikan sebagai secretariat takmir dan diterima pengurus takmir masjid. Dalam pertemuan itu kami mendapatkan berbagai penjelasan seputar pelatihan manajemen pengelolaan masjid. Sayang waktu kami sangat terbatas, sehingga tidak dapat mengikuti agenda kegiatan yang di lakukan. Semoga kegiatan studi banding ini dapat memberikan banyak manfaat bagi berbagai pihak, serta mampu memberikan inspirasi untuk senantiasa memperbaiki kualitas perkuliahan (Ab 9/5)

Alamat

INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL
Jl. Raya Al Kamal No.2 Kedoya Selatan, Kebon Jeruk
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Telp: (021) 5811088, 58350692
Fax: (021) 58300105
Website: http://www.ista.ac.id
Email: info@ista.ac.id

Jumlah Pengunjung

0.png2.png8.png6.png6.png5.png8.png
Hari ini196
Hari Kemaren326
Minggu Ini2083
Bulan Ini8425
Total286658