FB       IG       WA

Prodi Teknik Sipil ISTA Rutin Gelar Webinar Guna Optimalkan Pembelajaran Daring

JAKARTA – Ditengah wabah pandemic ini proses belajar mengajar masih dilakukan secara daring. Adalah tantangan tersendiri bagi kampus untuk memaksimalkan proses belajar mengajar tersebut, Prodi Teknik Sipil Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA) Jakarta memiliki cara tersendiri untuk mengoptimalkan pembelajran daring tersebut, salah satunya adalah dengan menggelar kuliah tamu online yang dikemas dalam bentuk webinar untuk seluruh mahasiswa. Bahkan uniknya bukan cuma mahasiswa yang diwajibkan ikut, para alumni Prodi Teknik Sipil ISTA juga diundang . “Selain itu, kami juga mengundang mahasiswa dari kampus lain untuk ikut berpartisipasi pada webinar kami,”

Demikian ungkap Sekretari Prodi Teknik Sipil ISTA, Sayed Ahmad Fauzan, ST, MSi. Masih dijelaskan oleh Sayed, narasumber yang dihadirkan juga Aparatur Negara dan Pakar dari dalam dan luar negeri. “Webinar ini juga merupakan implementasi dari kerjasama prodi kami dengan instansi luar,” jelas Sekprodi Teknik Sipil. Menurutnya, rutinitas yang dibangun ini juga merupakan salah satu upaya membangun dan memperkuat budaya akademik di Program Studi Teknik Sipil ISTA.

Dalam tiga bulan terakhir, Oktober hingga Desember 2020, Prodi Teknik Sipil ISTA, rutin menggelar kuliah tamu online, “Sudah 3 Webinar kami gelar dalam 3 bulan, pada Oktober lalu kami mengundang Profesor dari UTHM Johor Malaysia dan Profesor dari UNDIP Semarang yang merupakan Dekan FT,” ungkapnya.

Kemudian bulan November 2020 kemarin, yang menjadi narasumber adalah 2 pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yakni Staf Khusus Menteri PUPR Bidang Hukum, Dr. Rildo Ananda Anwar, SH, MH dan Direktur Kepatuhan Intern Ditjen Perumahan, Ir. M. Yusuf Hariagung, MM, MT. “Mereka memberikan materi kuliah tentang aspek hukum dan kontrak pada proyek konstruksi,” jelas Sayed.

Serta bulan Desember 2020 ini, kembali Prodi Teknik Sipil mengadakan webinar, topik yang diusung masalah ‘Keberlanjutan Aset Infrastruktur Transportasi’. Adapun narasumber yang diundang adalah, Pakar Transport UGM Yogyakarta yang juga merupakan Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Prof. Dr. Agus Taufil Mulyono, dan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kemenhub, Ir. Erni Basri, ST, M. Eng. Sedangkan moderator diskusi adalah salah seorang dosen Prodi Teknik Sipil, yakni, Ariostar, ST, MT, MM. “Webinar ini diikuti oleh 160 peserta, kami bersyukur peserta sangat antusias dalam mengikuti webinar yang berlangsung sekitar 3 jam,” jelasnya. Sayed juga menyampaikan apresiasi kepada Pengurus HIMASI yang telah membantu pelaksaan webinar ini. (*)

-Tim Humas Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal-

Sj Popup

Alamat

INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL
Jl. Raya Al Kamal No.2 Kedoya Selatan, Kebon Jeruk
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Telp: (021) 5811088, 58350692
Fax: (021) 58300105
Website: http://www.ista.ac.id
Email: info@ista.ac.id

Jumlah Pengunjung

0.png7.png9.png4.png0.png7.png7.png
Hari ini563
Hari Kemaren978
Minggu Ini6662
Bulan Ini21023
Total794077